Berita Terbaru :

Selasa, 19 April 2011

Naga Morsarang

Naga Morsarang
L. 20 1 / 2 in (52,1 cm)
Fred dan Rita Richman, 1987 (1987.453.1)
Salah satu benda peninggalan nenek moyang Suku Batak Toba yang dianggap keramat adalah Naga Morsarang. Benda ini terbuat dari tanduk kerbau dan kayu.

Bagi masyarakat Batak Toba pada zaman dulu tokoh adat maupun agama adalah Datu (Dukun). Datu adalah seorang laki-laki yang dianggap mempunyai keahlian dalam bidang agama atau spiritual dan dianggap sebagai perantara manusia dengan dunia supranatural. 
Dalam pelaksanaan upacara-upacara ritual seperti peramalan atau penangkalan wabah para Datu menggunakan benda-benda sebagai media pelaksanaan ritual seperti perhiasan dan wadah-wadah tempat sesajen atau persembahan. Salah satu wadah yang biasa dipakai adalah Naga Morsarang

Naga Morsarang dibuat dari tanduk kerbau dan kayu, Ujung tanduk diukir dalam bentuk sosok manusia yang duduk. Ujung yang lebih luas terbuka terhubung dengan sumbat kayu yang rumit yang menggambarkan seorang singa (makhluk yang fantastis yang berfungsi sebagai pelindung supranatural) dengan empat sosok manusia naik di punggungnya. Gambar manusia ini mungkin mewakili ritual suksesi empu yang mendahului datu yang memiliki wadah atau angka-angka dari tradisi lisan setempat.




horas.....

0 comments:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan komentar terbaik anda, kiranya dapat membatu untuk membangun blogsite ini !

Simamora Debataraja